Pages

Jumat, 10 Mei 2013

Dampak Jarang Makan Sayur dan Buah


Makan menjadi kesutuhan yang tidak dapat ditinggalkan, sudah menjadi kebiasaan manusia untuk makan setiap harinya. Namun dengan masa yang modrn ini banyak bermunculan makan instan, makanan cepat siap saji.

Makanan siap saji tersebut memang bermanfaat, manfaatnya yaitu kita dapat makan tanpa harus menunggu lama. Dengan kemudahan tersebut ternyata menyimpan suatu dampak apabila kita sering mengkonsumsi makanan instan dan jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.


Makan yang instan dapat memicu berbagai penyakit seperti diabetes militus, tekanan darah tinggi, jantung koroner, stroke, obesitas, kanker, dll. Karena bahan-bahan yang terkandung dalam makanan instan tersebut seperti bahan pengawet, pewarna buatan, pemberi rasa, tinggi lemaak, tinggi protein, banyak gula dan garam tetapi rendah serat.

Untuk terhindar dari berbagai penyakit tersebut haruslah membiasakan pola makan yang bnar, yaitu dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak sebaagai sumber vitamin, mineral, serta nutrisi yang untuk tubuh.

Sseorang yang jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, tubuhnya menjadi sarang berbagai penyakit. Berikut ini dampak yang ditimbulkan apabila jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Daya Tahan Fisik Lemah

Seseorang yang jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan lmah fisiknya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi vitamin B, C, E, seng, zat besi, magnesium, dan protein. Agar fisik tetap sehat harus rajin mengkonsumsi makanan seperti wortel, jahe, bayam, selada air, buah apel, jeruk, leci, kiwi, dll.

Sterss dan Depresi

Disebabkan karena kurangnya vitamin B kompleks, vitamin c, besi, dan magnesium. solusinya dengan mengkonsumsi buah melon, anggur, bayam, dll.

Flu

Disebabkan karena kurangnya vitamin c, betakaroten, dan seng. solusinya banyak mengkonsumsi buah jeruk, jambu biji, jambu air, pepaya, dll.

Tekanan Darah Tinggi

Disebabkan karena kurangnyapotasium, kalsium, dan magnesium dalam tubuh. Solusinya dengan mengkonsumsi buah anggur, pir, ceri, dll.

Gangguan Pencernaan

Disebabkan karena kurangnya asam folat, dan betakatoten. Solusinya dengan mengkonsumsi wortel, lobak cina, seledri, buah apel, mentimun, dll.

Gusi Berdarah

Disebabkan karena kurangnya vitamin c, kalsium, dan magnesium. solusinya dengan mengkonsumsi buah apel, pir, daun bayam, wortel, seledri, dll.

Gangguan Mata

Disebabkan karena kurang betakaroten. Solusinya dengan mengkonsumsi wortel, seledri, dll.

Kulit Keriput

Disebabkan karena kurang vitamin B2, C, E, silikon, silenium, dan potasium. Solusinya dengan mengkonsumsi wortel, pir, seledri, dll.

Artristis

Disebabkan karena kurang niasin, vitamin B3, C, kalsium, selenium. Solusinya dengan mengkonsumsi wortel, selada air, jabu air, nanas, jeruk nipis.

Oesteoporosis

Disebabkan karena kurang vitamin D. Solusinya mengkonsumsi wortel, apel, kuntum brokoli, dll.

Jerawat

Disebabkan karena kurang vitamin B2, C, E, betakaroten, potasium,dan seng. Solusinya dengan mengkonsumsi wortel, lobak cina, jahe, dll.

Kulit Kusut

Disebabkan karena kurang vitamin B2, C, E, betakaroten, dan potasium. Solusinya dengan mengkonsumsi buah anggur, strowbery, jeruk, jambu biji, dll.

Sembelit

Disebabkan karena gangguan pencernaan. Solusinya dengan mengkonsumsi buah sirsak, nanas, pepaya, dll.

Kanker

Jika tidak ingin terjangkit kanker hendaknya mengkonsumsi buah semangka, jahe, dll.

Kelebihan Kolesterol Darah

Agar terhindar dari kolesterol hendaklah mengkonsumsi buah nanas, wortel, mentimun, dll.

Sariawan

Agar terhindar dari sariawan hendaklah mengonsumsibuah jeruk, malon, jeruk nipis, dll.

Dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan karena jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

0 komentar:

Posting Komentar