Pages

Kamis, 17 Januari 2013

Teknik Bass Drum

TEKNIK MEMAINKAN PEDAL DRUM

Salam musik, , , ,
Tentunya anda sudah tau kan tentang drum? Yups yaitu sebuah alat yang berfungsi sebagai pengiring lagu atau penjaga tempo suatu lagu. Sebuah drum memiliki berbagai jenis suara yang berbeda. Pada drum standar sebuah drum hanya memiliki Hi-Hat,Snar drum,Bass Drum,Tom-tom,FlorTom,Crash cymbal dan Ride cymbal. Jika pada drum profesional biasanya ditambah efek cymbal yang berfungsi sebagai pemanis suatu lagu. Yups pada bagian ini saya akan menjelaskan beberapa teknik memainkan pedal drum :

1) Heel Up Technique :
    Caranya anda hanya menaikan tumit anda,istilah kerennya jinjit. Teknik ini mudah sekali dipelajari dan sudah banyak drummer yang menggunakan teknik ini. Ketukan yang dihasilkan oleh teknik ini cukup keras. Cocok untuk kalangan drummer genre Rock. Untuk lebih lengkapnya lihat ini :


2) Heel Down Technique :
    Caranya hanya anda meletakkan tumit anda di papan. Teknik ini biasa digunakan drummer genre Pop. kekurangan dari teknik ini anda pada saat pertama kali mencobanya otot betis anda akan merasa sedikit sakit. Untuk lebih lengkapnya lihat :


3) Heel Toe Technique :
    Teknik ini merupakan penggabungan dari teknik heel up dan heel down. Bisanya drummer menggunakan teknik ini untuk menghasilkan 2 ketukan secara cepat. Untuk lebih jelasnya lihat :


4) Silde Technique :
    Anda pernah mengenal drummer yang bernama Cobus? Yups drummer yang satu ini sangat jago dalam bermain teknik ini. Satu yang perlu di perhatikan dalam teknik ini adalah anda harus jinjit, seperti heel up teknik. Anda tidak dapat menggunakan teknik ini dengan cara heel down teknik. Teknik ini sama seperti heel toe teknik yaitu untuk menghasikan 2 ketukan secara cepat. Untuk lebih lengkapnya lihat :


5) Swivel Technique :
    Teknik ini biasa digunakan oleh drummer metal, karena dengan teknik ini drummer tersebut dapat menghasilkan ketukan yang temponya sangat cepat. Prinsipnya sama , anda harus jinjit dan hanya perlu menggerakkan tumit anda ke kanan dan ke kiri sambil "istilah jowonya menggenjot pedal drum".
Untuk jelasnya lihat :


 Yups semoga apa yang saya infokan ini bermanfaat. Satu hal lagi yang harus di perhatikan dalam mempelajari teknik-teknik ini. Kuncinya anda harus sabar,giat berlatih dan jangan emosi saat memainkannya. Karena tidak berfungsi sama sekali dan hanya membuat anda kelelahan. Dan berlatihlah dengan menggunakan metronome agar tempo anda stabil. Selamat mencoba :D

1 komentar:

  1. ulas jg dong kak ... teknik bermain battery pada marchingband....makasih sebelumnya

    BalasHapus